Acknowledgements: Bukan Sembarang Ucapan Terima Kasih

15 Februari 2023

Acknowledgements: Bukan Sembarang Ucapan Terima Kasih

Setelah membaca sebuah artikel ilmiah, tentu Anda sudah lazim melihat kolom “acknowledgements” atau ucapan terima kasih. Namun demikian, seiring waktu kolom acknowledgements ini dapat digambarkan dengan cara yang bermacam-macam oleh para penulis. Isi dari kolom tersebut sekarang sudah tidak hanya ucapan terima kasih, tetapi juga dapat berupa pernyataan pengungkapan keuangan hingga pernyataan terima kasih secara pribadi.

Melihat dari keberagaman kolom acknowledgements tersebut, sebuah studi oleh Adele et al mencoba untuk mengategorikan kolom tersebut menjadi tiga kategori yang berbeda, yaitu kontribusi, sanggahan, dan suara penulis.

Sebagai bentuk kontribusi, kolom acknowledgements menjadi ruang para penulis untuk dapat merinci pembagian kerja di antara para kolaborator dalam sebuah proyek penelitian. Biasanya, penulis menggunakan ruang ini untuk berterima kasih kepada kolega yang berkontribusi dalam penelitian, seperti “Penulis berterima kasih kepada Mr. X dan empat pengulas anonim atas komentar konstruktif pada naskah kami”. Tidak hanya itu, dalam beberapa artikel, kolom acknowledgements juga dapat menyertakan pernyataan kontribusi dari para penulis artikel tersebut untuk mencerminkan pembagian kerja. Sebagai contoh "A.P., V.M. dan V.P terlibat dalam penulisan naskah. A.B.G dan Y.A.K bertanggung jawab atas konsepsi ide artikel."

Kolom acknowledgements juga menekankan pentingnya sebuah disclaimer atau penegasan. Dalam kolom ini, sebuah penegasan dapat berupa pengungkapan keuangan atau sumber dana, konflik kepentingan, serta etika yang ditujukan untuk menghindari bias serta menunjukkan kesahihan dari sebuah artikel. Pengungkapan keuangan menjadi hal yang paling lazim untuk dibahas oleh para peneliti karena menjadi momok bias dalam penulisan. Maka dari itu, para peneliti umumnya menyatakan rincian finansialnya seperti “Sumber pendanaan tidak memiliki peran dalam desain penelitian, analisis dan interpretasi data atau penulisan, atau keputusan untuk menerbitkan naskah. menerbitkan naskah ini.”

Terakhir, di samping penegasan dan pengakuan formal atas berbagai kontribusi, kolom acknowledgements dapat menjadi ruang yang lebih pribadi, di mana penulis dapat berbicara sendiri tentang hal-hal yang mereka anggap perlu disebutkan. Oleh karena itu, penulis dapat menghilangkan kata "author / penulis" dan mengindetifikasi diri sebagai klausa orang pertama seperti "Saya ingin mengucapkan terima kasih kepada …" atau orang ketiga, seperti"Kami juga mengucapkan terima kasih kepada …”.

Referensi

  1. Paul-Hus A, Desrochers N. Acknowledgements are not just thank you notes: A qualitative analysis of acknowledgements content in scientific articles and reviews published in 2015. Plos one. 2019 Dec 19;14(12):e0226727.