Apa itu Corresponding author? Definisi, Bedanya dengan First Author, dan Bagaimana Cara Menjadi Corresponding Author Yang Baik

26 April 2024

Apa itu Corresponding author? Definisi, Bedanya dengan First Author, dan Bagaimana Cara Menjadi Corresponding Author Yang Baik

Apa bedanya corresponding author dan first authorCorresponding author adalah penulis yang memimpin proses pengajuan naskah untuk publikasi, sedangkan first author adalah adalah orang yang melakukan penelitian dan menulis naskah tersebut.

Urutan penulis dapat disesuaikan, namun pengajuan harus dilakukan oleh corresponding author. Mungkin juga Anda tidak tergabung dalam kelompok riset, dan Anda ingin menerbitkan makalah Anda sendiri secara mandiri, sehingga Anda akan menjadi corresponding author dan first author sekaligus.

Arti Corresponding author

Corresponding author adalah individu yang bertanggung jawab untuk berkoordinasi dengan jurnal selama proses manuscript submission (pengajuan naskah), peer review, dan publikasi. Umumnya, ia juga memastikan kelengkapan persyaratan administratif jurnal, seperti memberikan detail penulis, persetujuan komite etik, dokumentasi pendaftaran uji klinis, dan pernyataan conflict of interest. Tugas ini dapat juga didelegasikan kepada co-author lain.

Corresponding author biasanya merupakan peneliti yang berpengalaman dalam proses pengajuan dan publikasi penelitian ilmiah. Mereka tidak hanya berkontribusi terhadap paper tersebut tetapi juga mampu memastikan kelancaran proses publikasi.

Apa yang harus dilakukan oleh corresponding author?

Seorang corresponding author bertanggung jawab atas beberapa aspek penting pada setiap tahap penyebaran penelitian - sebelum dan sesudah publikasi.

Jika Anda baru pertama kali menjadi corresponding author, berikut 6 tips sederhana yang akan membantu Anda berhasil dalam tugas penting ini:

  • Pastikan semua hal dikumpulkan tepat waktu
  • Siapkan paper yang siap diajukan
  • Kumpulkan berkas pengajuan
  • Perbaiki semua detail penulis
  • Pastikan praktik etis diikuti
  • Pimpin dalam proses open access

Singkatnya, corresponding author adalah orang yang bertanggung jawab membawa penelitian (dan peneliti) ke publik. Agar berhasil, dan karena reputasi peneliti juga dipertaruhkan, corresponding author harus selalu ingat bahwa teks berkualitas baik adalah langkah pertama untuk mengesankan tim yang terdiri dari rekan-rekan atau bahkan audiens yang lebih luas. Tim profesional Risetku selalu siap untuk membantu proses editing untuk melanjutkan pengajuan atau/dan proses publikasi dengan percaya diri.

Referensi

  1. Elsevier Author Services. What is a corresponding author?. Elsevier Author Services - Articles. Elsevier Author Services Blog; 2020. Available from: https://scientific-publishing.webshop.elsevier.com/publication-recognition/what-corresponding-author/