Bagaimana Cara Membaca Artikel Ilmiah yang Efektif?

15 Februari 2023

Bagaimana Cara Membaca Artikel Ilmiah yang Efektif?

Sebagian besar pekerjaan seorang peneliti melibatkan membaca makalah penelitian, baik untuk mengikuti perkembangan terbaru di bidangnya, memajukan pemahaman ilmiah mereka, meninjau naskah, atau mengumpulkan informasi untuk proposal proyek atau aplikasi hibah. Karena artikel ilmiah berbeda dengan teks lain, seperti novel atau berita surat kabar, maka cara membacanya pun berbeda.

Artikel penelitian mengikuti format IMRAD yang terkenal, yaitu abstrak yang diikuti oleh Pendahuluan, Metode, Hasil dan Pembahasan. Makalah penelitian memiliki banyak referensi silang dan tabel serta materi tambahan, seperti kumpulan data, protokol laboratorium, dan sekuens gen. Semua karakteristik tersebut dapat membuatnya menjadi padat dan kompleks. Untuk dapat memahaminya secara efektif, diperlukan latihan.

Membaca karya ilmiah tidak boleh dilakukan secara linear atau dari awal hingga akhir. Sebaliknya, hal itu harus dilakukan secara strategis dan dengan pola pikir kritis, mempertanyakan pemahaman Anda dan temuan-temuannya. Terkadang Anda harus maju mundur, membuat catatan, dan membuka banyak tab di browser Anda.

Berikut adalah beberapa tips untuk membaca dan memahami makalah penelitian. Pertama, dapatkan gambaran besarnya dengan membaca judul, kata-kata kunci, dan abstrak dengan cermat. Hal ini akan memberi tahu Anda temuan-temuan utama dan mengapa temuan-temuan tersebut penting. Baca sekilas artikel dengan cepat dan fokus pada judul dan sub judul.

Setelah membaca sekilas seluruh artikel, baca kembali dengan fokus pada masalah apa yang ingin dipecahkan oleh penelitian tersebut, apakah temuannya didukung oleh bukti-bukti, apakah temuan tersebut mewakili populasi yang besar, dan apakah penelitian tersebut relevan dengan subjek Anda.

Kemudian Anda dapat menginterpretasikan grafik dan tabel yang disertakan. Cobalah untuk menafsirkan keadaan sebelum melihat keterangannya. Baca hasil dan pembahasan. Carilah isu-isu kunci dan temuan-temuan baru.

Terakhir, Anda dapat meringkas makalah dan merekonstruksi makalah tersebut dalam pikiran Anda untuk mengetahui detail apa yang hilang dalam makalah tersebut.

Ingatlah, di masa-masa untuk mengurangi waktu yang tersita, membaca makalah ilmiah tidaklah mudah. Namun demikian, berlatih dan membaca banyak makalah akan meningkatkan pemahaman membaca Anda dan mengurangi waktu Anda untuk membaca makalah ilmiah, bahkan jika subjeknya di luar bidang Anda.