Apakah penulis korespondensi harus penulis utama?

30 Oktober 2022

Apakah penulis korespondensi harus penulis utama?

Anda tentunya sudah tidak asing lagi dengan istilah "corresponding author" atau penulis korespondensi. Namun demikian, beberapa penulis masih beranggapan bahwa penulis korespondensi dan penulis utama adalah hal yang sama karena sama-sama menjadi penanggung jawab utama pada penelitian. Maka muncul pertanyaan, apakah penulis korespondensi wajib menjadi penulis utama?

Penulis korespondensi adalah penulis yang mengambil tanggung jawab utama untuk komunikasi dengan jurnal selama proses pengiriman naskah, peer review, dan publikasi. Biasanya, dia juga memastikan bahwa semua persyaratan administratif jurnal, seperti memberikan rincian kepengarangan, persetujuan komite etika, dokumentasi pendaftaran uji klinis, dan mengumpulkan formulir dan pernyataan konflik kepentingan, telah dilengkapi dengan benar, meskipun tugas-tugas ini dapat didelegasikan kepada satu atau lebih rekan penulis.

Seorang penulis korespondensi juga bertanggung jawab atas beberapa aspek penting pada setiap tahap diseminasi sebuah penelitian, yaitu sebelum dan sesudah publikasi. Maka dari itu, umumnya, penulis korespondensi adalah peneliti senior atau pemimpin kelompok dengan banyak pengalaman dalam proses penulisan, pengajuan, dan publikasi penelitian ilmiah. Mereka adalah seseorang yang tidak hanya berkontribusi pada makalah secara signifikan, tetapi juga memiliki kemampuan untuk memastikan bahwa makalah tersebut melalui proses publikasi dengan lancar dan sukses.

Dengan demikian, secara mudah kita dapat mengatakan bahwa penulis korespondensi adalah penulis yang memimpin dalam proses pengajuan naskah untuk publikasi, sedangkan penulis utama adalah penulis yang melakukan penelitian dan menulis naskah utama. Penulis korespondensi tidak serta-merta harus menjadi penulis utama, namun dikarenakan penulis utama umumnya memiliki pengalaman yang lebih akan penulisan dan publikasi, sehingga lazim didapati penulis korespondensi merangkap jabatan sebagai penulis utama.

Referensi:

  1. Hu X. Loads of special authorship functions: Linear growth in the percentage of “equal first authors” and corresponding authors. Journal of the American Society for Information Science and Technology. 2009 Nov;60(11):2378-81.