Temukan 3 Tanda ini Maka Systematic Review Kalian Bisa Jadi Meta Analisis

13 Mei 2024

Temukan 3 Tanda ini Maka Systematic Review Kalian Bisa Jadi Meta Analisis

Dalam penulisan karya ilmiah, tentu saja kita menginginkan hasil terbaik, bukan? Tidak diragukan lagi, hasil meta-analisis merupakan yang tertinggi dalam hierarki bukti, artinya memiliki bukti yang paling tinggi dan terpercaya. Hal ini dikarenakan meta-analisis memiliki keunikan untuk menghitung data secara matematis yang diakumulasikan dari studi yang telah disertakan atau dikeluarkan oleh penulis. Namun, tidak jarang banyak peneliti terjebak ingin melakukan meta-analisis, tetapi saat sudah menulis, ternyata tidak memenuhi syarat. Hal ini membuat kita menjadi patah semangat karena harus melakukan pencarian dari awal lagi!

Untuk menghindari terjebak dalam inisiasi penulisan dan memastikan bahwa Anda siap untuk melakukan meta-analisis, ada beberapa tanda yang perlu diperhatikan:

1. Banyak data atau hit berkualitas yang ditemukan:

Dalam mencari studi, pastikan Anda menggunakan search engine yang tepat seperti PubMed, Science Direct, Cochrane, dan lainnya. Setelah melakukan pencarian dengan kata kunci yang sesuai, Anda akan mendapatkan sejumlah jurnal yang perlu disertakan atau dikesampingkan. Pada tahap ini, Anda dapat melakukan pengecekan cepat terhadap relevansi jurnal dengan kata kunci yang digunakan melalui abstrak atau full-paper yang tersedia. Pastikan data yang ditemukan lengkap, biasanya terdapat dalam bagian hasil atau tabel pada Acknowledgements. Jika data tersebut lengkap, Anda dapat melanjutkan pencarian ke jurnal lain dan mencari kesamaan data antara satu jurnal dengan yang lain. Apabila Anda menemukan banyak jurnal yang relevan, ini menandakan bahwa Anda telah melangkah satu langkah penting dalam persiapan untuk meta-analisis.

2. Efek pengukuran (effect measure) yang relatif sama

adalah tanda penting lainnya dalam persiapan untuk meta-analisis. Efek pengukuran adalah skala pengukuran yang digunakan dalam suatu penelitian, seperti Odds Ratio (OR), Risk Ratio (RR), rata-rata (mean), atau median (nilai tengah). Dalam meta-analisis, penting bahwa alat ukur efek yang digunakan dalam setiap studi konsisten. Menggabungkan dua jenis efek yang berbeda dalam satu meta-analisis tidak disarankan, karena hal ini dapat menghasilkan hasil yang tidak valid. Setelah memastikan bahwa data dari jurnal-jurnal yang ingin Anda inklusikan lengkap, langkah selanjutnya adalah memeriksa apakah efek pengukuran yang digunakan dalam jurnal-jurnal tersebut seragam atau berbeda. Jika efek pengukuran tersebut seragam, Anda telah melangkah lebih dekat untuk melakukan meta-analisis.

3. Studi yang terinklusi relatif homogen

Secara klinis

Kategori ini termasuk apakah populasi, intervensi, dan komparasi yang Anda inklusikan itu relatif homogen atau sama? Misal, apabila Anda ingin membuat meta-analisis tentang penggunaan kafein pada orang yang mengantuk, Anda harus pastikan bahwa apakah populasi tersebut sama? Apakah dalam pencarian Anda memiliki intervensi yang berbeda misal ada obat kafein dan kopi? Dan apakah comparison tersebut sama semisal ada yang membandingkan dengan efek air putih atau teh?

Secara metodologis

Mirip dengan yang nomor dua, tetapi Anda harus melihat apa tipe studi yang Anda inklusikan? Misal ada RCT, Case Report, Cross Sectional, dll. Kalaupun berbeda, Anda harus pastikan bahwa effect measures dari setiap jurnal yang Anda temukan harus sama. Namun, hal tersebut akan mempengaruhi kualitas level of evidence studi Anda.

BELAJAR SYSTEMATIC REVIEW DAN META-ANALYSIS TERBAIK?

Gimana sih caranya? Yuk simak langkah-langkah berikut:

  1. Kunjungi website https://www.risetku.com/academy, login atau buat akun apabila belum ada. Kemudian, pilih Risetku Camp: Systematic Review and Meta-analysis. Pilih metode pembayaran, bisa lewat QRIS atau Virtual Account (VA).
  2. Setelah pembayaran, Anda akan langsung terdaftar dan siap untuk mengakses Risetku Learning Environment dan mulai belajar!
  3. Silahkan menonton video kapanpun dan dimanapun. Catat segala hal penting!
  4. Jangan lupa baca bahan bacaan (Mandatory dan Supplementary) untuk pemahaman topik yang lebih baik
  5. Uji pemahaman Anda dengan mengerjakan quiz di setiap topik videonya
  6. Bingung tentang materi yang ada di video? Langsung tanyakan di kolom discussion
  7. Mau hands-on buat systematic review kalian sendiri? Kerjakan seluruh assignments secara runut! Bila Anda sudah menyelesaikan seluruh assignments secara runut dalam kelas ini, pada akhir kelas, Anda akan memiliki 1 systematic review siap publish!
  8. Ingat! harus selesaikan semua tahapan sebelum lanjut ke materi berikutnya. Jadi, pastikan nonton materi, quiz, dan assignments per topik, jangan di-skip!!
  9. Jangan lupa, ikuti juga kelas zoom interaktif bersama narasumber! Setiap 2 minggu sekali, kita akan bahas materi video dan progress assignments Anda. Link zoom akan dikirimkan H-1 sebelum kelas.

Tunggu apa lagi? Yuk belajar di Risetku Camp. Fitur-fitur ini akan membantu Anda untuk menjadi mahir dalam Systematic Review dan Meta-analysis